coretan seputar dunia veteriner

“kekekek” suara parau dan ributnya kepakan sayap betet jawa (Psittacula alexandri alexandri) yang terbang rendah dan cepat saat ini sudah jarang dijumpai di kampus hijau ipb dramaga. sekitar setahun yang lalu, satwa ini masih dengan mudahnya ditemui di pohon-pohon sengon (Paraserianthes falcataria) yang tersebar di kampus ipb, bahkan beberapa diantaranya ditemukan sarang aktif. Namun, data yang dihimpun dari kegiatan birdwatching dua tahun lalu belum menunjukkan jumlah pasti populasi betet yang menghuni lingkungan kampus ipb. kemungkinan saat ini populasi betet di lingkungan ipb mengalami penurunan. hal ini mungkin saja disebabkan oleh perubahan habitat, misalnya adalah pengurangan vegetasi sengon di ipb dramaga. pengurangan ini pun bukan tanpa alasan, salah satu alasan adalah aktivitas pengembangan dan pembangunan gedung baru.
meskipun betet tersebar di asia tenggara yang meliputi semenanjung malaya, sumatera, jawa, bali, kangean, dan kalimantan selatan. keberadaan betet di lingkungan kampus ipb menandakan bahwa keanekaragaman hayati di kawasan tersebut masih tergolong cukup tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa lingkungan kampus ipb merupakan kawasan pemelihara keanekaragaman hayati di wilayah dramaga atau bogor barat.
betet jawa termasuk satwa liar yang dengan status vulnerable menurut IUCN dan masuk ke dalam daftar CITES appendix II. sangat disayangkan apabila populasi betet di kawasan kampus ipb mengalami penurunan atau menghilang sama sekali, hal ini akan menambah daftar panjang satwa liar yang punah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: